Berlebihan itu tidak baik, tentang kelebihan vitamin C

Berlebihan? 

Selama ini kita pasti pernah mendengar bahwa hal-hal yang berlebihan itu tidak baik dan dapat menimbulkan suatu resiko tertentu, misalnya saja terlalu banyak makan bisa menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan, apalagi ditambah kebiasaan orang-orang yang akhir-akhir ini cenderung malas gerak dan olah raga, tentunya resiko kesehatan yang akan muncul menjadi lebih besar. 

Contoh lainnya kebiasaan buruk yang 'lagi-lagi' banyak digandrungi generasi muda saat ini yaitu, terlalu sering melakukan aktivitas 'menunda' untuk tidur atau yang biasa disebut begadang. Baik untuk alasan yang tidak terlalu kritis seperti bermain game, maupun alasan lainnya seperti masalah pekerjaan dan tugas-tugas, begadang tidak dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan karena dapat menimbulkan penyakit di masa yang akan depan. Untuk masalah begadang mungkin akan saya bahas lebih lanjut kedepannya, namun didalam artikel ini saya ingin menyampaikan bahwa tidak hanya aktivitas-aktivitas yang kurang sehat saja yang memiliki resiko kesehatan, namun kegiatan yang sebenarnya memiliki manfaat kesehatan juga memiliki resiko jika kita melakukannya secara berlebihan. 

Vitamin C

Pada suatu kasus, jika biasanya kita mengalami sariawan, umumnya itu disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi dan kekurangan asupan vitamin c. Untuk mengobatinya bisa dengan meminum minuman herbal pereda sariawan maupun dengan memperbanyak konsumsi vitamin c. 

Namun ada kasus yang dialami oleh seorang teman yang mengalami sariawan, walaupun telah mengkonsumsi vitamin c secara rutin, sariawannya tidak kunjung sembuh. Usut punya usut setelah ditelusuri ternyata penyebab sariawannya tersebut adalah justru karena kelebihan vitamin c. Bagaimana bisa begitu? Menurut informasi yang dikutip dari Alodokter.com, terlalu banyak mengkonsumsi vitamin c itu tidak dianjurkan karena dapat mengganggu kesehatan mulut. Hal ini terjadi karena vitamin c itu bersifat asam. Dosis yang disarankan dalam mengkonsumsi vitamin c adalah 65 mg hingga 90 mg per hari, dan dapat dikonsumsi maksimal 2000 mg per hari. Selain konsumsi vitamin c yang bersumber dari minuman ataupun tablet, sebenarnya kebutuhan vitamin c harian kita sudah cukup dengan mengkonsumsi buah-buahan dengan kandungan vitamin c yang cukup tinggi, seperti strawberi, jeruk, dan lainnya. Nah disini sudah terlihat bahwa hal berlebihan itu tidak baik, berdasarkan data kedokteran kecukupan dosis harian untuk vitamin c.

Selain itu, kita juga mesti menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan menggosok gigi secara teratur dan hindari menggosok gigi dengan cara yang terlalu keras karena dapat melukai gusi dan jaringan mulut. Dan yang paling penting kita harus selalu menjaga kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perharinya. 

Perpesanan

Pesan yang ingin saya sampaikan pada artikel ini yaitu pada poin sesuatu yang berlebihan. Di kasus ini kita membahas terkait vitamin c, namun perlu diingat juga untuk hal lainnya. Oleh karena itu marilah kita sama-sama memperbaiki pola hidup dengan tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan kita, dengan kata lain "secukupnya saja". ^^

Posting Komentar