Daftar Harga Satuan Bahan dan Upah (HSP) Kota Padang

Harga satuan bahan dan upah (HSP)

Harga satuan bahan dan upah merupakan harga dasar yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang yang berlaku di daerah tertentu. Sehingga harga satuan di setiap daerah bisa saja berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh biaya kebutuhan pokok maupun ketersediaan bahan material alami pada daerah tersebut.

Misalnya kita ambil contoh material batu kerikil. Jika kamu berada di sebuah kota yang memiliki sumber daya batu kerikil yang melimpah, terlebih lagi lokasinya tidak terlalu jauh (masih dalam satu wilayah), kamu akan mendapatkan material tersebut dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika kamu membeli material di lokasi proyek yang berada di sebuah pulau yang tidak memiliki sumber daya tersebut. Karena dipulau tersebut, kamu perlu biaya lebih untuk pengiriman material yang diambil dari lokasi lain. Tentunya hal ini akan menambah biaya dari segi logistiknya, dan berdampak terhadap harga satuan bahan yang akan dibeli.

HSP di kota Padang

Harga satuan upah dan bahan yang saya bagikan, merupakan hsp yang berlaku di kota Padang, Sumatera Barat. HSP ini sendiri di keluarkan oleh Pemerintah Kota Padang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang. Sedangkan salinan HSP yang saya dapatkan ini berasal dari database lab saya ketika berkuliah, yaitu Laboratorium Manajemen dan Rekayasa Konstruksi Universitas Andalas, Padang. 

Bagi yang membutuhkan, dapat mendownload harga satuan pekerjaan kota Padang pada link dibawah ini.

HSP Kota Padang ini akan terus di update, sesuai ketersediaan datanya.

HSP Kota Padang Tahun 2023 :

HSP Kota Padang Tahun 2022 :


HSP Kota Padang Tahun 2021 :

HSP Kota Padang Tahun 2020 :

Perpesanan

Sekian artikel tentang daftar harga satuan pekerjaan kota Padang ini saya tulis, semoga bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan. Terima kasih juga terhadap rekan-rekan di Lab MRK Universitas Andalas, yang telah bekerja dalam mengupdate data base nya secara rutin. ^^

Posting Komentar