Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) terbaru tahun 2022

Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) 

Adalah metode untuk menghitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan konstruksi yang di jabarkan terhadap perkalian antara faktor kebutuhan bahan, upah, dan peralatan dengan standar harga yang telah ditetapkan untuk setiap pekerjaan konstruksi.

AHSP sendiri digunakan oleh ahli perencanaan biaya konstruksi sebagai acuan dasar untuk membuat dan menyusun perhitungan nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) dan Harga Perkiraan Perancang (HPP). Dokumen ini nantinya akan memuat seluruh rincian harga satuan pekerjaan untuk setiap pekerjaan, termasuk didalamnya perhitungan kuantitas pekerjaan dan perhitungan harga satuan pekerjaan. Variabel tersebut kemudian dikalikan untuk mendapatkan nilai total pekerjaan dan ditambahkan dengan nilai PPN yang berlaku pada tahun 2022 sebesar 11%. 

AHSP 2022

Adapun standar analisa harga satuan terkini yang digunakan di Indonesia adalah standar harga satuan pekerjaan yang di keluarkan oleh Kementerian PUPR yang tertuang didalam : Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan Perkiraan Biaya Pekerjaan Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Peraturan terbaru ini dirilis pada tanggal 05 Januari 2022 untuk menggantikan standar harga satuan pekerjaan lama yang dirilis pada tahun 2016 didalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 28/PRT/M/2016 Tahun 2016 tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum. Setelah dirilisnya peraturan terbaru ini, peraturan yang lama dinyatakan sudah tidak berlaku lagi.

Link Download

Bagi kamu yang membutuhkan dokumen AHSP tahun 2022 yang terbaru, dapat di download dari link yang sudah saya sediakan berikut ini : 

AHSP SNI 2022

Sebagai bahan untuk pembelajaran, berikut saya juga telah sediakan link untuk mendownload AHSP tahun 2016. Tapi perlu di ingat, analisa tahun 2016 ini hanya untuk pembelajaran saja ya, tidak  dipakai untuk perhitungan biaya pekerjaan yang sebenarnya. 

AHSP SNI 2016

Perpesanan

Dengan adanya update terbaru untuk analisa harga satuan pekerjaan, kita bisa mengetahui bahwa biaya yang diperlukan untuk pekerjaan konstruksi saat ini tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya, sehingga membutuhkan penyegaran agar sesuai dengan keadaan dilapangan. Sehingga mengurangi resiko terjadinya kerugian proyek akibat kesalahan dalam perhitungan biaya konstruksi. Semoga semua pihak yang terkait didalam proyek dapat dimudahkan segala pekerjaannya. ^^

Posting Komentar